T&T Group dan Orsted Investasikan USD 30 Miliar USD dalam Proyek Pengembangan Tenaga Angin Lepas Pantai di Vietnam



HANOI, VIETNAM – Media OutReach – T&T Group, kelompok ekonomi multi-industri Vietnam, dan Orsted, perusahaan tenaga angin terkemuka dunia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang strategis kerjasama di bidang tenaga angin lepas pantai di Vietnam, pada Kamis, 9 September 2021 lalu.

Dalam MoU tersebut, kedua group menjanjikan akan membawa pasokan besar energi terbarukan melalui investasi baru dalam proyek pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di provinsi Binh Thuan dan Ninh Thuan di Vietnam.

Selain itu, T&T dan Orsted akan menggunakan dan mempromosikan pengalaman, kekuatan, dan kemampuan mereka untuk membawa efisiensi tinggi ke proyek. Diharapkan kedua kelompok akan bekerja sama untuk mengembangkan 3 proyek di provinsi Binh Thuan dan Ninh Thuan, dengan perkiraan total kapasitas terpasang hampir 10 GW dan total investasi yang diharapkan sekitar USD 30 miliar selama periode 20 tahun.

“T&T Group telah menyusun strategi untuk mengembangkan proyek energi terbarukan, pembangkit listrik tenaga gas, pelabuhan dan pusat gas LNG pada tahun 2030 dengan visi hingga 2045, sejalan dengan strategi dan rencana induk energi nasional. Kerjasama dengan perusahaan terkemuka di bidang tenaga angin lepas pantai seperti Orsted Group akan membantu T&T Group mempercepat implementasi strategi di atas, membawa pengalaman berharga dan sumber keuangan internasional dalam pelaksanaan proyek di Vietnam,” jelas Do Quang Hien, Ketua Dewan Direksi T&T Group.

“Orsted bertujuan untuk mencapai 30GW tenaga angin lepas pantai pada tahun 2030. Untuk mendukung pengembangan tujuan ambisius ini, kami perlu bekerja sama dengan mitra seperti T&T Group. Perusahaan ini memiliki rekam jejak yang mengesankan dalam mengembangkan proyek energi besar di Vietnam, menyediakan pemahaman yang lebih mendalam kepada kami tentang pasar ini,” tambah Matthias Bausenwein, Presiden Orsted Asia Pasifik.

Pada hari yang sama, T&T Group dan Smart Universal Logistics N.V,perusahaan terkemuka Belgia dalam pengembangan energi berkelanjutan dan infrastruktur lingkungan juga menandatangani nota kesepahaman bekerja sama dalam mengembangkan tanaman desalinasi energi angin untuk menghasilkan air tawar untuk pertanian dan akuakultur di Vietnam.

Sebagai informasi, T&T Group adalah salah satu grup ekonomi swasta terkemuka di Vietnam, yang beroperasi di 7 area inti, termasuk sektor energi. Dalam 10 tahun ke depan, Kapasitas catu daya T&T Group (LNG dan energi terbarukan) diperkirakan mencapai sekitar 10.000 – 11.000 MWp, atau sekitar 8% dari total kapasitas terpasang sumber daya sistem tenaga Vietnam.

Keterangan Foto: Ibu Nguyen Thi Thanh Binh, Deputy General Director T&T Group dan Martin Neubert, COO dan Wakil CEO Orsted Group menandatangani nota kesepahaman (MOU) pada kerjasama strategis di bidang tenaga angin lepas pantai di Vietnam

Keterangan Foto: Ibu Nguyen Thi Thanh Binh, Wakil Direktur Umum Grup T&T dan Martin Neubert, COO & Wakil CEO Grup Ørsted, menandatangani MoU tentang kerjasama strategis proyek angin lepas pantai di Vietnam.

SUMBER:

KATEGORI:

BACA DALAM:

English, Vietnamese

DIPUBLIKASIKAN PADA:

10 Sep 2021

Hubungi Media OutReach hari ini

HUBUNGI KAMI SEKARANG